Beranda > enjoy your life > Sulaymaniah, 09 May 2014

Sulaymaniah, 09 May 2014

Dua tahun tujuh bulan sudah gw menetap di Suly, dan tetep masih banyak hal baru dan “aneh” menurut gw disini. Kebetulan gw kerja di salah satu operator telekomunikasi Iraq. Tau kan ya kalo operator2 biasanya suka ngasih promosi2 khusus per wilayah, misalnya kalo di Indo, mungkin ada promo free call atau sms ke sesame operator tapi Cuma wilayah Sumatera ajah, gitu. Nah kemarin, ada temen cerita, di wilayah perbatasan Kirkuk ada teroris yang ngedatengin penjaga tower kita, dan ngancam akan ngebom tower kita karena tempat mereka ga dapet promosi..😀, gw ngebayangin ya kalo di Indo tu biasanya paling ngancem akan nyegel tower atau matiin listriknya tower, disini ngambeknya ngancem ngebom, busyeeeh..

Kerja di wilayah bekas konflik kayak Iraq gini emang ngeri-ngeri sedep. Syukurnya Suly salah satu kota ter-aman di Iraq, gak ada yang namanya teroris atau bom2 ga jelas. Sekali2 ada sih, bom jelas, jelas siapa yang diincer maksudnya. Serem juga yak😀, tapi kecil2an aja sih, toh di Indo juga berita bom dan kriminal setiap hari ada, sama aja kan. Kalo ada pengecualian ya, paling di saat2 yang emang udah diduga akan rada panas, misal menjelang pemilu Iraq dua minggu lalu. Kalo kita di Indo kampanye paling ya maenan gas motor dan klakson mobil, disini ada tambahan dikit, suka nembak2in senapan ke atas sambil naek mobil!! Ga suka gw becandanya orang sinih, kata temen gw😀.

But wait, Suly gak cuma punya cerita2 serem kok, buanyak juga cerita2 keseharian disini yang bikin Suly be a good living city. Bahkan beberapa kawan dari Indo yang udah ga disini pun, masih suka kangen keadaan disini (walau kadang gw juga bingung, apaan yang dikangenin :p).

Pertama, Suly itu kota dengan empat musim, taman2nya indah kalo pas spring, ada saljunya juga, udah kayak banyak kota2 di Eropa lah J, bedanya pas musim panas, bisa sampe 44 derajat celcius, maknyosss, mendinglah daripada beberapa kota di Iraq kayak Basrah yang bisa sampe 55, apa gak mateng tuh :p. Makin kerasa lagi, sekarang2 bulan puasa pas puncak2nya musim panas, gleg! Tambah lagi, puasanya bisa dari jam 3:00 pagi sampe jam 7:30 malem, hiyaaaa… ga usah dibayangin dah, jalanin ajah😀. Sesungguhnya makin lama puasanya, maka makin lama lapernya makin banyak pahalanya😀

Kedua, Suly, dan rata2 kota di Kurdistan, termasuk kota nyaman bagi perempuan. Beda dengan kota2 di negara2 timur tengah, yang biasanya perempuan agak terisolir karena banyaknya aturan2, disini Besan, Bebas tapi Sopan. Perempuan bisa kerja, bisa belanja, jalan2, sayangnya tempat yang ditujunya terbatas, Mal, pasar, resto :p.

Ketiga, Suly itu aman, penduduknya hangat dan jujur. Mobil2 di parkir geletakan di pinggir jalan, kadang2 ninggalin barang2 juga di dalamnya, biasa aja. Pernah dompet ketinggalan di mal, disimpenin orang tu. Kalo datang ke suatu tempat, salam, inshaAllah selalu dibales, dan disambut hangat.

Dan masih banyak lagi deh baik2nya. Makanannya, tradisinya, dll. Lagi cepet2 aja nulisnya nih. maklum dah gak inget kapan terakhir nulis.. hehehe..

Tapi, Senikmat-nikmatnya tinggal di negara orang, masih lebih nikmat di Negara sendiri, True, setuju, no doubt! Paling gak tuk gw sendiri, gw ikut mengamini lah pokoknya. Tapi sesuai arahan bapak presiden SBY, bahwa Hidup adalah Pilihan, saat ini gw masih memilih tuk tinggal disini, demi sesuap nasi, seonggoh emas, dan sebuah kost-kostan yang masih jadi impian.

Kategori:enjoy your life
  1. 9 Mei 2014 pukul 21:54

    😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: